Apa Itu Cotton Bud?

Jun 8, 2018

Cotton bud atau kapas tang ini sering digunakan oleh banyak orang untuk berbagai keperluan. Namun, apakah Anda benar-benar tahu apa fungsi sebenarnya dari alat ini?

Sejarah Cotton Bud

Pertama kali diciptakan oleh Leo Gerstenzang pada awal abad ke-20, cotton bud asalnya digunakan untuk membersihkan telinga. Namun, seiring berjalannya waktu, penggunaan cotton bud pun semakin bervariasi.

Fungsi Cotton Bud

Cotton bud sebenarnya bukanlah alat yang direkomendasikan untuk membersihkan telinga. Penggunaan cotton bud dalam telinga dapat membahayakan saluran telinga dan gendang telinga Anda.

Selain untuk telinga, cotton bud juga dapat digunakan untuk membersihkan belahan kuku, membersihkan sudut-sudut susunan anak kunci, dan beragam penggunaan lain yang bersifat kosmetik dan kebersihan.

Bahkan Perlu Diingat, Bahwa Majoritas Ingus di Telinga Kita Tidak Berbulu

Banyak yang beranggapan apa yang mereka ambil dari dalam kuping adalah bulu kapas telinga. Tapi sebenarnya, mayoritas dari apa yang kita ambil dari telinga kita adalah ingus-arus yang sudah padat, menjadi pengerasan, serta seringkali berwarna jingga atau coklat karena telah bereaksi dengan udara.

Tindakan yang Benar dalam Membersihkan Telinga

Jika Anda merasa perlu membersihkan telinga, lebih baik menggunakan bulu kapas lembut yang didesain khusus untuk membersihkan telinga dan hanya digunakan pada bagian yang terluar.

Cara terbaik untuk membersihkan telinga adalah dengan menepuk-nepuk telinga secara lembut agar ingus yang mengeras bisa terlepas dengan sendirinya.

Kesimpulan